5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Digunakan Untuk Mengembangkan Dana Pensiun

  • Whatsapp

Pensiun. Rata-rata, orang baru akan memikirkan jenis investasi pensiun saat masa pensiun di depan mata. Namun ada juga yang merencanakan masa depannya sejak muda, bahkan berancang-ancang untuk pensiun dini.

Read More

Alasan untuk pensiun pun banyak macamnya. Bisa jadi karena produksi kerja yang menurun dan kondisi tubuh yang memang sudah tak fit lagi. Ada pula yang ingin memulai usaha sendiri dan mengejar passion di luar pekerjaan saat ini. Atau, memang karena sudah memasuki masa pensiun.

Nah, saat pensiun, otomatis kamu tak lagi mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya. Sedangkan kebutuhan hidup selalu berjalan. Jika hanya mengandalkan dana pensiun, hmm, rasanya kurang cukup. Kamu tak mau juga kan bergantung pada anak? Jika kamu belum ngeh dengan dana pensiun seawal mungkin, ruginya di kamu sendiri lho.

Makanya, penting sekali untuk mempersiapkan kebutuhan hidup masa pensiunmu, sejak kini! Salah satu caranya adalah dengan investasi.

Mumpung masih muda, kamu bisa coba berbagai jenis investasi yang cocok untuk karyawan pemula, di bawah ini:

BPJS Ketenagakerjaan

Paling mudah nih, BPJS Ketenagakerjaan. Program pemerintah satu ini memiliki Program Jaminan Pensiun sebagai bekal hari tuamu kelak. Iuran program jaminan pensiun dihitung sebesar 3% dari gaji, dengan 2% iuran pemberi kerja dan 1% iuran pekerja. Peserta Jaminan Pensiun dapat memilih untuk menerima Manfaat Pensiun pada saat mencapai Usia Pensiun atau pada saat berhenti bekerja dengan ketentuan paling lama 3 (tiga) tahun setelah pensiun.

Asuransi investasi

Anuitas dalam asuransi sebenarnya adalah manfaat lain dari asuransi. Kenapa? Karena tujuannya adalah untuk menghasilkan pendapatan yang kamu butuhkan di masa pensiun. Dengan anuitas berarti kamu juga mengasuransikan pendapatan masa depanmu. Perusahaan asuransi akan menjamin penghasilan untuk hidupmu atau hal-hal lainnya lainnya sesuai kesepakatan waktu.

Reksadana

Bagi kamu yang memiliki tingkat kekhawatiran cukup tinggi, jenis reksadana pasar uang mungkin cocok untuk kamu. Hal ini tak lain karena tingkat risiko yang paling rendah, sehingga membuat reksadana ini menjadi salah satu pilihan investasi aman untuk kamu pilih. Selain itu, reksadana pasar uang memiliki deposito berjangka dan obligasi jatuh tempo dengan jangka waktu di bawah satu tahun sehingga cocok untuk tipe investor yang ingin bermain aman.

Sewa properti

Selain dana, investasi bisa dalam bentuk properti. Bisnis sewa menyewa properti misalnya. Menyewakan properti yang kamu miliki akan memberikan sumber pendapatan yang stabil, namun butuh perawatan juga. Contohnya, dengan menjadi juragan kost atau rumah kontrakan. Selain itu, jenis investasi satu ini lebih santai. Kamu hanya perlu mengatur uang sewa dan kondisi bangunan. Supaya bernilai tinggi, carilah lokasi yang strategis, dekat dengan kampus, perkantoran atau pabrik. Tergantung pada segmen masyarakat yang ingin disasar.

Peer to Peer Leding

Peer to peer lending adalah praktik untuk menghubungkan pihak pemberi pinjaman (investor) dengan para peminjam melalui platform online. Baik pihak pemberi pinjaman maupun peminjam bisa merupakan individu maupun bisnis. Jadi, bisa dibilang kalau peer to peer lending ini sudah seperti online marketplace untuk aktivitas pinjam-meminjam uang.

Di satu sisi, kamu yang ingin berinvestasi bisa menempatkan uang melalui p2p lending paling aman dan mendapatkan keuntungan. Lalu, di sisi lain, bagi yang butuh dana tapi enggan mengajukan pinjaman ke bank atau jasa kredit lain, kamu bisa menggunakan peer to peer lending juga.

Nah, itulah dia 5 jenis investasi dana pensiun yang cocok untuk karyawan pemula sepertimu! Kira-kira, kamu tertarik coba yang mana?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *