Ciri Mobil Turun Mesin yang Harus Anda Pahami

  • Whatsapp

Dalam penggunaan mobil, Anda harus melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala agar tidak berakibat turun mesin. Sebenarnya turun mesin sangat ditentukan oleh benar atau tidaknya pemakaian Anda. Sekalipun menggunakan mobil baru atau mobil bekas dengan mengambil cicilan mobil bekas 1 jutaan terbaru, tapi jika pemakaiannya asal-asalan tentu bisa menyebabkan turun mesin.

Read More

Oleh karena itu, Anda perlu tahu ciri mobil turun mesin sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, di antaranya:

1. Mudah overheat

Overheat adalah kondisi saat suhu mesin mobil cepat sekali panas dan mengakibatkan timbulnya asap dari kap mesin mobil. Hal ini mungkin wajar jika terjadi satu dua kali, namun jika terjadi berulang kali tanpa adanya alasan yang spesifik artinya mobil Anda mengalami turun mesin.

2. Busi terkena oli

Oli mobil yang mengalami kebocoran dan masuk ke dalam ruang kompresi dapat menyebabkan kepala busi terkena oli. Biasanya, Anda tinggal mengganti ring piston untuk menyelesaikan masalah ini, tapi jika hal ini terjadi berulang, dapat menjadi tanda bahwa mobil Anda turun mesin.

3. Suara mesin berisik

Untuk mesin mobil yang sehat, bunyi pada knalpot akan teredam dan terserap oleh peredam yang ada pada knalpot. Ini mengakibatkan suara mesin akan terdengar smooth dan tidak berisik. Tapi, jika mobil Anda turun mesin, maka suara yang dikeluarkan akan terdengar berisik dan harus segera diperbaiki.

4. Air radiator hitam

Air radiator yang berubah warna menjadi hitam akibat masuknya air ke ruang kompresi juga bisa menjadi pertanda jika mobil Anda turun mesin. Menghitamnya air radiator ini karena kepala silinder yang sudah mengalami korosi atau penipisan. Untuk itu, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan lebih lanjut.

Itu dia empat ciri mobil turun mesin yang bisa Anda kenali dengan mudah. Pastikan untuk selalu memperhatikan keadaan mobil Anda dan jika melihat sesuatu yang ganjal, segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *