Delapan Kebiasaan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Memiliki gigi yang terlihat indah, rapi, dan terawat butuh perjuangan yang tidak mudah. Meski Anda diberkahi dengan susunan gigi yang rapi, sangat penting untuk tetap melakukan perawatan yang benar agar terhindar dari masalah.

Merawat gigi sebenarnya gampang-gampang susah. Mulai dari pemilihan produk pasta gigi yang tepat, hingga ketelatenan Anda dalam merawat gigi. Berikut beberapa tips mudah untuk merawat gigi, dinukil dari Healthline, Senin (14/5/2018):

1. Sikat gigi sebelum tidur

Sudah bukan rahasia lagi jika dokter serta ahli kesehatan menyarankan untuk menggosok gigi paling tidak dua kali sehari, yakni di pagi dan malam hari. Namun, banyak dari kita yang sering abai atau lupa menyikat gigi di malam hari sebelum tidur. Padahal, langkah itu cukup berguna untuk mengusir kuman dan plak yang menempel di gigi sepanjang hari.

2. Sikat gigi dengan benar

Cara menyikat gigi juga tidak kalah penting. Gosok dengan perlahan secara memutar guna menyingkirkan plak yang ada di sela-sela gigi. Jangan lupa untuk menggosok lidah. Tidak hanya menyebabkan mulut menjadi bau, lupa menggosok lidah juga mengakibatkan timbulnya penyakit lain. Cukup sikat secara perlahan setiap kali menggosok gigi.

3. Pakai pasta gigi yang mengandung flouride

Kita biasanya memilih sikat gigi yang mampu memutihkan atau memberi rasa berbeda. Apapun produk yang dipilih, pastikan pasta gigi itu mengandung fluoride. Mengapa begitu? Flouride adalah bahan yang penting karena dapat mencegah gigi keropos dengan cara menyingkirkan kuman serta memberi perlindungan ekstra.

4. Gunakan benang gigi

Dokter Bedah Gigi Amerika Serikat (AS), Jonathan Schwartz menuturkan, penggunaan benang gigi tidak hanya untuk menyingkirkan sisa makanan dari sela gigi, tetapi juga dapat menstimulasi gusi, serta mengurangi plak dan peradangan gusi. Gunakan benang gigi paling tidak satu kali sehari untuk merasakan manfaat yang maksimal.

5. Obat kumur

Iklan obat kumur sesungguhnya tidak berlebihan. Schwartz menerangkan, setidaknya ada tiga keuntungan dari obat kumur, yakni mengurangi asam di mulut, membersihkan area yang tidak terjangkau sikat gigi, dan menguatkan gigi. Anda bisa meminta saran dari dokter untuk mencari produk obat kumur yang tepat agar manfaatnya lebih maksimal.

6. Minum banyak air

Air benar-benar elemen penting dalam hidup seorang manusia. Meminum air yang banyak setelah makan dapat membantu menghilangkan efek negatif dari makanan-makanan yang mengandung asam yang menempel di gigi.

7. Kurangi makanan manis dan asam

Gula dapat berubah menjadi asam di dalam rongga mulut. Lama-kelamaan, gula yang berubah menjadi asam tersebut, dapat mengikis enamel gigi Anda sehingga menyebabkan gigi berlubang. Buah-buahan asam, tea, dan kopi, juga dapat mengikis enamel. Sebaiknya, konsumsi makanan atau produk yang manis sedikit dikurangi .

8. Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali

Meski sudah menjaga serta merawat gigi dengan baik, ada baiknya tetap mengunjungi dokter gigi minimal dua kali setahun (bisa dibagi menjadi enam bulan sekali). Tidak hanya bermanfaat untuk mencari gigi berlubang, konsultasi dengan dokter gigi juga dapat menemukan potensi masalah serta menawarkan solusi perawatan.

 

sumber:okezone.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More