Les Anak: Cara Bijak Menyikapi Hobi Game pada Anak

  • Whatsapp

Gawai menjadi salah satu benda yang sangat akrab dengan anak-anak saat kini. Bermain game di gawai menjadi aktivitas yang membuat anak kecanduan. Banyak orang tua memilihkan les anak untuk membantu mengatasi hobi main game tersebut. Selain itu, berikut ada beberapa cara bijak menyikapi hobi game pada anak.

Read More

1. Ajak Anak Berkomunikasi

Luangkan waktu sejenak untuk berkomunikasi dengan anak Anda. Manfaatkan waktu tersebut untuk memberi pengertian kepada mereka. Jelaskan bahwa bermain game terus-terusan tidak baik bagi diri mereka. Berikan pengertian apa saja hal-hal buruk yang bisa menimpa mereka jika mereka terus bermain game.

Jangan memarahi anak ketika mereka hobi bermain game. Komunikasi dengan anak harus dilakukan dengan cara yang baik. Bicarakan secara lembut kepada mereka agar anak-anak mengerti dan mulai mengubah kebiasaan.

2. Berikan Waktu Khusus

Tidak masalah jika anak ingin bermain game, namun Anda harus memberikan waktu khusus bagi mereka. Misalnya, berikan waktu bermain game pada anak setiap sore sebelum waktu mandi. Buat persetujuan dengan anak Anda kapan mereka bisa bermain game dan ajak anak untuk mematuhi waktu tersebut.

3. Berikan Batasan

Selain menentukan waktu, Anda juga harus membuat batasan. Buat persetujuan dengan anak Anda berapa lama mereka bisa bermain game. Jangan lama-lama, izinkan anak Anda bermain game selama 15 sampai 30 menit. Jika waktu sudah habis maka jangan memberi kesempatan anak untuk menambah waktu bermain mereka.

4. Ajak Anak Bermain Keluar

Jangan mengurung anak Anda di dalam rumah. Ini menyebabkan mereka semakin sering bermain gawai. Sempatkan waktu untuk mengajak anak Anda bermain di luar rumah. Ajaklah anak melihat lingkungan di sekitar rumah mereka dan berkenalan dengan orang-orang yang ada di sana.

Biarkan anak Anda bertemu dengan teman-teman sebayanya. Temani anak Anda dan teman-temannya bermain di luar. Aktivitas ini akan menjauhkan anak Anda dari pengaruh gawai yang buruk.

5. Kembangkan Bakat Anak

Setiap anak pasti memiliki bakatnya masing-masing. Salah satu cara mengobati kecanduan game pada anak adalah dengan mengembangkan bakat mereka. Fokuslah pada apa yang menjadi bakat anak Anda. Berikan fasilitas bagi mereka untuk mengembangkat bakat tersebut.

Misalnya, anak Anda punya hobi dan bakat menggambar. Anda bisa memasukkan anak Anda ke lembaga les menggambar ESDA. Anak Anda bisa menyalurkan bakatnya dan menghabiskan waktunya untuk menggambar, bukan bermain game.

6. Simpan Gawai

Simpanlah gawai Anda di tempat yang aman agar anak tidak tergoda untuk memainkannya. Sebagai orang tua, Anda juga harus membatasi diri memakai gawai. Pada dasarnya, anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jangan membiarkan anak melihat Anda terlalu sering menggunakan gawai.

Jangan memberi kebebasan pada anak untuk memakai gawai. Anda harus mengendalikan kebiasaan anak memakai gawai dengan tidak memberi anak Anda kesempatan. Daripada bermain gawai, lebih baik manfaatkan waktu luang untuk berinteraksi dan bermain dengan anak Anda.

7. Main Game yang Bermanfaat

Main game tidak masalah selama bisa memberi manfaat. Berikan waktu atau kesempatan bagi anak untuk bermain game secukupnya. Bermain game juga bisa membantu mengembangkan kreativitas mereka. Terutama bagi anak-anak yang punya bakat menggambar, bermain game bisa membantu mengembangkan ide-ide mereka saat menggambar.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati kecanduan game pada anak. Anda juga bisa memasukkan anak les gambar 3D di ESDA. ESDA akan membantu anak Anda mengatasi kecanduan game dan beralih mengembangkan bakat mereka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *