Tips Menikah di Hotel saat Pandemi

  • Whatsapp

Efek dari pandemi dirasakan bukan hanya oleh para pekerja, tapi juga mereka yang sudah merencanakan pernikahan. Rencana yang sudah dibuat satu atau bahkan dua tahun lebih yang lalu terpaksa dibatalkan karena protokol kesehatan yang tidak memperbolehkan adanya kerumunan di satu tempat. Salah satunya adalah mereka yang sudah reservasi di wedding venue di Jimbaran, Bali.

Read More

Beberapa dari mereka ada yang membatalkan resepsinya, ada pula yang ditunda sampai situasi membaik. Untuk kamu yang tetap ingin melangsungkan resepsi pernikahan di saat pandemi ini, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan supaya acara berjalan lancar. Di antaranya:

  1. Persiapkan protokol kesehatan. Pemerintah sudah mulai mengizinkan pengadaan resepsi pernikahan. Namun, tetap harus mematuhi regulasi yang sudah ditentukan. Jika kamu tetap ingin melangsungkan resepsi, pastikan kamu memberikan informasi terkait protokol kesehatan kepada tamu yang akan datang.
    Tahap ini dapat berupa pesan singkat saat kamu menginformasikan tanggal dan tempat resepsi supaya tamu merasa aman saat ingin menghadiri acara. Contoh protokol kesehatan yang dapat kamu terapkan yaitu wajib gunakan masker, sediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan di tempat tamu akan masuk ke venue, dan adanya pengecekan suhu tubuh di pintu masuk.
  2. Susun ulang daftar tamu. Mengingat pemerintah tidak memperbolehkan banyak tamu dalam satu acara, kamu harus menyusun ulang siapa saja yang akan kamu undang ke acara resepsimu. Pastikan tamu yang datang hanya keluarga dan orang-orang terdekat saja. Orang yang tidak jadi kamu undang pasti akan memahami keadaannya karena ini di luar kendali kamu.
  3. Atur penyajian makanan. Makanan adalah salah satu elemen penting saat resepsi pernikahan, baik bagi tuan acara maupun para tamu. Sebelum pandemi, tamu disuguhkan berbagai macam makanan buffet untuk memanjakan lidah mereka. Namun di saat sekarang, penyajian buffet menjadi hal yang diragukan. Jalan lainnya, kamu dapat menyajikan makanan dengan menggunakan kotak bento beserta alat makan pribadi. Untuk dessert-nya, kamu dapat menyajikan ukuran bite-size. Sehingga, tamu tidak perlu menggunakan alat makan lain. Jika kamu tetap ingin menyajikan secara buffet, pastikan ada orang khusus yang membantu para tamu saat mengambil makanan.
  4. Adakan live-stream resepsi. Untuk mereka yang tidak dapat menghadiri acara resepsi, kamu dapat mengadakan live-stream resepsi akun media sosialmu supaya mereka tetap dapat melihat momen bahagiamu.
  5. Pilih souvenir dari UMKM. Dengan memilih souvenir dari UMKM, kamu turut membantu usaha kecil di masa pandemi ini. Ada banyak UMKM yang menghasilkan karya yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan perusahaan besar. Dukung usaha mikro, kecil, dan menengah, ya!

Itulah lima tips yang dapat kamu terapkan di acara resepsimu selama masa pandemi. Memang sedikit merepotkan, namun itu demi kebaikan kamu dan pasangan, keluarga, dan para tamu yang hadir. Semoga acaramu berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *